• Healthy Eggs

6 Fakta Telur yang Perlu Diketahui

Dikenal sebagai salah satu sumber makanan tinggi protein yang mudah ditemukan, telur kerap diolah menjadi aneka hidangan gurih yang menggugah selera. Di antaranya telur rebus, omelete, hingga telur rica-rica. Tak hanya makanan gurih saja, produk hewani ini juga seringkali digunakan sebagai bahan campuran kue dan minuman manis yang lumer di lidah.


Kendati demikian, sayangnya banyak orang yang beranggapan bahwa telur dapat memicu meningkatnya Low Desity Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jenuh dalam tubuh sehingga banyak dihindari. Namun selain fakta di atas, rupanya telur menyimpan beberapa manfaat yang jarang diketahui. Manfaat apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir Boldsky yang diselingi beberapa fakta menarik mengenai tentang telur:


1. Kuning telur membantu perkembangan otak


Kuning telur merupakan salah satu makanan kaya akan nutrisi. Terdiri dari vitamin B-kompleks yang disebut kolin, kuning telur diklaim dapat memaksimalkan fungsi neurologis otak dan mengurangi risiko peradangan. Bukan itu saja, kuning telur juga bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin, dan juga merangsang produktivitas hormon bahagia yang disebut serotonin, dopamin dan norepinephrine


2. Tinggi akan protein


Mengkonsumsi telur secara rutin dapat membantu memenuhi asupan protein tubuh. Teksturnya yang lembut dan mudah hancur, akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Tak hanya menjadi sumber protein, telur juga tinggi akan antioksidan, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, asam folat, fosfor dan kolin yang berguna untuk memelihara kesehatan.


3. Mengontrol berat badan


Memasukkan telur ke dalam menu diet Anda akan membantu mengontrol berat badan dengan lebih baik. Satu butir telur berukuran besar mengandung sekitar 70 kalori dan 6 gram protein, sehingga saat baik untuk memenuhi asupan protein harian tubuh. Bukan itu saja, kandungan protein yang ada di dalamnya juga dapat membantu menjaga perut agar kenyang lebih lama, sekaligus mempertahankan massa otot saat proses penurunan berat badan.


4. Sangat baik untuk kebugaran tubuh


Setelah berolahraga, tubuh akan banyak membutuhkan protein untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot. Dan, telur bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi asupan protein yang dibutuhkan. Agar semakin optimal, selingi makan telur dengan buah-buahan yang memiliki kandungan air yang melimpah seperti semangka atau jeruk.


5. Sumber vitamin D


Untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, tubuh membutuhan asupan vitamin D yang cukup. Zat satu ini akan membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dalam dan lambung. Telur memiliki tekstur yang lembut dan tinggi akan vitamin D, mengkonsumsinya secara teratur dapat mempermudah penyerapan vitamin D dalam tubuh.


6. Masa kedaluarsa telur


Tak hanya makanan kalengan, rupanya telur juga memiliki masa kedaluarsa, lho. Sejatinya, telur dapat digunakan dalam waktu tiga minggu dari tanggal jual bila disimpan di dalam lemari es. Kualitas telur akan semakin menurun setelah lewat dari masa kedaluarsa tersebut. Karenanya, pastikan olah telur sebelum kualitasnya menurun.

Sumber :

kumparan.com


4 views

© 2018 by Abracadabra Adv.